Kamis, 15 Desember 2011

PELAKU HACKING

LONDON (Arrahmah.com) – Seorang remaja Inggris diduga menjadi dalang dalam penyerangan sistem jaringan komputer CIA, Senat AS dan Sony, yang diklaim oleh kelompok hacking LulzSec.
Ryan Cleary, remaja berusia 19 tahun, ditangkap di rumah keluarganya di Essex setelah penyelidikan bersama oleh Scotland Yard dan SOCA Inggris. Dia ditahan beberapa jam setelah terjadinya serangan online terhadap sistem jaringan keamanan oleh kelompok hacking yang dikenal sebagai LulzSec.
Sebelumnya, baru-baru ini lewat akun twitter-nya, kelompok tersebut mengungkapkan niat untuk masuk ke situs pemerintah dan bank serta membocorkan dokumen rahasia.
Pada hari Senin Serious Organised Crime Agency – dijuluki FBI Inggris – terpaksa “merelakan” situs mereka off-line setelah hacker membombardirnya.
Ryan, yang digambarkan sebagai seorang penyendiri, menghadapi kemungkinan ekstradisi ke Amerika Serikat di mana ia bisa menghadapi 60 tahun penjara karena dituduh meretas situs CIA dan Senat.
Detektif menduga, Ryan adalah pemain utama dalam LulzSec, yang telah dikaitkan dengan serangan baru-baru ini pada perusahaan game Sony yang berhasil mengakses data dan password dari jutaan pengguna.
LulzSec juga mengklaim korban lainnya termasuk NHS dan Nintendo.
Ibu Ryan, Rita, 44, mengatakan anaknya menderita agoraphobia dan gangguan kurang perhatian dan tidak meninggalkan rumahnya selama empat tahun.
Dia mengatakan Ryan hampir tidak pernah meninggalkan kamarnya yang terdiri dari komputer dengan dua monitor, unit pendingin, TV rusak, dan tempat tidur ganda.
sebelumnya kelompok LulzSec telah bersumpah untuk bersatu melawan pemerintahan dunia.  LulzSec meminta bantuan kelompok yang dikenal sebagai Anonymous di kampanye cyber mereka yang dijuluki “Operasi Anti-Keamanan”.
Kelompok tersebut mengumumkan niat mereka melalui feed Twitter resmi mereka pada akhir pekan lalu. Mereka menyatakan akan menargetkan siapa saja yang menghadang jalan mereka.
“Selamat datang di Operasi Anti-Keamanan. Kami mendorong kapal apapun, besar atau kecil, untuk menembak setiap pemerintah atau lembaga yang melintasi jalan kami. Kami sepenuhnya mendukung penulisan kata ‘AntiSec’ pada setiap perusakan situs web pemerintah atau seni grafiti fisik. “
LulzSec yang diyakini berada di balik ide itu juga mengisyaratkan bergabung dengan ‘kelompok hacking’ lainnya. Mereka mengatakan “Untuk meningkatkan berbagai upaya, kita sekarang bekerja sama dengan Anonymous kolektif dan semua peralatan perang terafiliasi.”
Kelompok tersebut menyatakan ‘perang segera dan tak henti-hentinya terhadap moderator perebut kebebasan 2011′ sebagai perlawanan terhadap peraturan Internet.
Bukan hanya pemerintah yang menjadi korban potensial. Bank dan perusahaan top juga menjadi target serangan mereka.
Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mencuri dan kemudian membocorkan informasi rahasia, termasuk email dan dokumen.
Serangan mereka dipercaya sebagai pembalasan atas usulan peningkatan hukuman bagi cyberterrorists di AS di mana mereka yang menjebol sistem pemerintah AS menghadapi ancaman 20 tahun penjara.  (TI/arrahmah.com)








SUMBER : http://arrahmah.com/read/2011/06/22/13506-salah-satu-pelaku-hacking-kelompok-lulzsec-ditangkap.html

PENGERTIAN HACKING, CRACKING, CARDING, PHISING, SPAMMING DAN DEFACING

Indonesia bukan hanya terkenal sebagai negara terkorup di dunia, melainkan juga Negara dengan “carder” tertinggi di muka bumi, setelah Ukrania. “carder” adalah penjahat di internet, yang membeli barang di toko maya (online shoping) dengan memakai kartu kredit milik orang lain. Meski pengguna internet Indonesia masih sedikit dibanding negara Asia Tenggara lainnya, apalagi dibanding Asia atau negara-negara maju, nama warga Indonesia di internet sudah “ngetop” dan tercemar! Indonesia masuk “blacklist” di sejumlah online shoping ternama, khususnya di amazon.com dan ebay.com Kartu kredit asal Indonesia diawasi bahkan diblokir. Sesungguhnya, sebagai media komunikasi yang baru, internet memberikan sejuta manfaat dan kemudahan kepada pemakainya. Namun internet juga mengundang ekses negatif, dalam berbagai tindak kejahatan yang menggloblal. Misalnya, tindak penyebaran produk pornorgrafi, pedofilia, perjudian, sampah (spam), bermacam virus, sabotase, dan aneka penipuan, seperti carding, phising, spamming, dll. Yang gawat, nama negara terseret karenanya.
Berikut sejumlah jenis kejahatan via internet :
CARDING
Carding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet. Sebutan pelakunya adalah “carder”. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan di dunia maya. Menurut riset Clear Commerce Inc, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS , Indonesia memiliki “carder” terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania. Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding. Akibatnya, banyak situs belanja online yang memblokir IP atau internet protocol (alamat komputer internet) asal Indonesia. Kalau kita belanja online, formulir pembelian online shop tidak mencantumkan nama negara Indonesia. Artinya konsumen Indonesia tidak diperbolehkan belanja di situs itu.
Menurut pengamatan ICT Watch, lembaga yang mengamati dunia internet di Indonesia, para carder kini beroperasi semakin jauh, dengan melakukan penipuan melalui ruang-ruang chatting di mIRC. Caranya para carder menawarkan barang-barang seolah-olah hasil carding-nya dengan harga murah di channel. Misalnya, laptop dijual seharga Rp 1.000.000. Setelah ada yang berminat, carder meminta pembeli mengirim uang ke rekeningnya. Uang didapat, tapi barang tak pernah dikirimkan.
HACKING
Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. “Hacker” memiliki wajah ganda; ada yang budiman ada yang pencoleng. “Hacker” budiman memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat, sehingga bisa “bocor”, agar segera diperbaiki. Sedangkan, hacker pencoleng, menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya.
CRACKING
Cracking adalah hacking untuk tujuan jahat. Sebutan untuk “cracker” adalah “hacker” bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengan “carder” yang hanya mengintip kartu kredit, “cracker” mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri. Meski sama-sama menerobos keamanan komputer orang lain, “hacker” lebih fokus pada prosesnya. Sedangkan “cracker” lebih fokus untuk menikmati hasilnya. Kasus kemarin, FBI bekerja sama dengan polisi Belanda dan polisi Australia menangkap seorang cracker remaja yang telah menerobos 50 ribu komputer dan mengintip 1,3 juta rekening berbagai bank di dunia. Dengan aksinya, “cracker” bernama Owen Thor Walker itu telah meraup uang sebanyak Rp1,8 triliun. “Cracker” 18 tahun yang masih duduk di bangku SMA itu tertangkap setelah aktivitas kriminalnya di dunia maya diselidiki sejak 2006.
DEFACING
Defacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain, seperti yang terjadi pada situs Menkominfo dan Partai Golkar, BI baru-baru ini dan situs KPU saat pemilu 2004 lalu. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain.
PHISING
Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.
SPAMMING
Spamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”. Meski demikian, banyak yang terkena dan menjadi korbannya. Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail dapat hadiah, lotere, atau orang yang mengaku punya rekening di bank di Afrika atau Timur Tengah, minta bantuan “netters” untuk mencairkan, dengan janji bagi hasil. Kemudian korban diminta nomor rekeningnya, dan mengirim uang/dana sebagai pemancing, tentunya dalam mata uang dolar AS, dan belakangan tak ada kabarnya lagi. Seorang rector universitas swasta di Indonesia pernah diberitakan tertipu hingga Rp1 miliar dalam karena spaming seperti ini.
MALWARE
Malware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system. Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu: virus, worm, trojan horse, adware, browser hijacker, dll. Di pasaran alat-alat komputer dan toko perangkat lunak (software) memang telah tersedia antispam dan anti virus, dan anti malware. Meski demikian, bagi yang tak waspadai selalu ada yang kena. Karena pembuat virus dan malware umumnya terus kreatif dan produktif dalam membuat program untuk mengerjai korban-korbannya.
Hacking facebook dan bagaimana cara menghindarinya…………….?
Kebanyakan kasus hacking dikarenakan ketidaktahuan player terhadap aktifitas share acoount, downloading files yg tidak jelas, hacking tools, dan mengunjungi website yg mengandung software yg tidak jelas / mencurigakan.
“tambahan dari poin² dibawah : usahakan pass email anda berbeda dengan pass akun² ataupun jejaring sosial yang anda telah buat itu berbeda”
Contoh-contoh hacking facebook :
1. Phising (Hati-hati kalau anda lagi main facebook, di suruh login lagi, itu hanya login tipuan yg bisa mencuri email dan password mu)
2. Facebook freezer (Membeku kan email, ingat jangan pernah kamu mengobral email facebook mu)
Point point ini yg berkaitan dengan keamanan account meliputi :
1. Sharing ID & password account dengan orang lain.
2. Password yang terlalu simple.
3. Jarang melakukan penggantian password secara berkala.
4. Menulis ID & Password di buku / sobekan kertas yg tidak disimpan dengan aman.
Dibawah ini beberapa langkah untuk mengantisipasi hacking account :
1. Jangan membuka/membaca email dr orang yg tidak dikenal.
2. Jangan men-download software/files dr website yg tidak kamu kenal.
3. Jangan mengunjungi website yg mencurigakan & tidak kamu kamu kenal.
4. Jangan share ID, password dan account detail.
5. Jangan memberitahukan ID & password apabila ada orang lain yg meminta, kebanyakan GM/staff suatu MMORPG tidak pernah menanyakan password kepada player.
6. Jangan menulis ID & password melalui public chat (termasuk whisper, chat party ataupun guild chat. Jika terpaksa gunakan sms atau telepon untuk memberitahukan ID/password anda)
7. Jangan melakukan transaksi dengan seseorang di game yg belom anda kenal / temui.
8. Usahakan password mengandung alphabet & numeric sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain.
9. Jangan lupa untuk mengganti password secara berkala terutama bila anda pernah login di warnet/gamecenter lain (bukan tempat yg biasa anda gunakan untuk bermain game).
10. Pastikan kamu benar benar logout dr game apabila ingin AFK ( away from keyboard )
11. Ketika kamu sudah selesai bermain, pastikan sudah benar” logout dan restart komputer anda.
Hati hati apabila anda menemukan beberapa situs di internet yg menawarkan software untuk anda dalam bermain game , karena mungkin di dalam software tersebut mengandung software lain yg merugikan (contoh : keylogger yg akan mencuri beberapa data penting di komputer anda termasuk ID & password) ataupun virus ( contoh : trojan ).
Trojan :
adalah semacam virus yg akan mencuri informasi dr suatu komputer dan mengirimkannya ke email yg telah di set oleh si pengirim virus. Contoh : bila Trojan telah masuk di dalam directory game yg anda maenkan, maka ketika anda menyalakan game client dan login, maka ID & password akan segera dikirim ke si pembuat virus (trojan) tersebut.
Keylogger :
adalah semacam program yg akan me-record apa yg kamu ketik melalui keyboard / mouse. Beberapa keylogger yg lebih kuat bahkan mampu me-record URL dr website yg anda kunjungi.
Dari pengalaman di atas, maka beberapa game online developer menyediakan fasilitas on screen keyboard untuk menulis ID & password guna mengantisipasi hal tersebut.
Virus, Trojan applications dan key-logging software semuanya dapat mencuri data data game anda dan biasanya ter-install di komputer melalui executable program. Executable artinya bila akhiran dr file tersebut adalah .EXE , atau dengan cara click kanan file tsb dan pilih properties. Jika File Type berjenis Application, maka bisa dikatakan file tersebut executable.
Dalam banyak kasus biasanya hacker menaruh (baca = menyembunyikan) viruses, keyloggers, etc dalam executable files yg berhubungan dengan game. Trik yg biasa digunakan adalah menaruhnya kedalam suatu program seperti berikut :
1. Gold duplicating / gold making software
2. Create / Item duplicating software
3. Auto hunting software / BOT system.
4. Teleportation / movement-cheating programs.
5. Unrealistic program yg memungkinkan player untuk invisiblilty, 1 hit kills, etc.
Dibawah ini adalah point point yg berhubungan dengan Komputer Security :
1. Computer Updates
Jika kamu menggunakan Windows, pastikan kamu sudah mempunyai update terbarunya. Kamu dapat mendapatkannya dengan mudah di
Microsoft Windows Update (http://update.microsoft.com) page atau untuk lebih aman nya bisa mengunjungi Microsoft Security Home Page (http://www.microsoft.com/security/default.mspx).
2. Firewall Software
Firewall bertujuan untuk mengatur agar komputer kita tidak secara langsung berhubungan dengan komputer luar yg mungkin berbahaya.
Windows XP SP2 Firewall (http://www.microsoft.com/technet/prodtechnol/winxppro/deploy/depfwset/default.mspx)
Zone Alarm (http://www.zonealarm.com/)
SyGate (http://www.sygate.com/)
BlackICE Defender (http://www.networkice.com/)
3. Antivirus Software
Suatu program yg bertugas untuk melakukan scanning terhadap memory computer untuk mengenali adanya suatu virus dan memusnahkannya.
*Kaspersky(http://www.download.com/Kaspersky-Anti-Virus/3000-2239_4-10589989.html?tag=lst-0-2)
* AVG Free (http://free.grisoft.com/freeweb.php)
* Tauscan (http://www.tauscan.com/)
* Moosoft (http://moosoft.com/)
* Symantec security check (http://www.symantec.com/securitycheck)
4. Anti-Spyware Software:
Suatu software yg bertugas untuk melakukan scanning terhadap computer’s storage space dan mengidentifikasi serta melenyapkan program yg di design untuk memonitor penggunakan komputer kita tanpa sepengetahuan kita.
Copy right@2010/2011 Ahmad Syukri.A
Kritik dan saran: www.asa_nato@yahoo.co.id (email/ facebook)








SUMBER : http://454tkj.wordpress.com/2010/12/28/pengertian-hacking-cracking-carding-phising-spamming-dan-defacing/

BANDWIDTH

Apa yang dimaksud dengan Bandwidth?

Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda.
Contoh: Ketika anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account dan sebagainya.
Bandwidth/Site Traffic dihitung per bulan & bisa dilihat di cPanel.
Jika anda mengenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.










SUMBER : http://www.idebagus.com/help/tanya-jawab/hosting/apa-yang-dimaksud-dengan-bandwidth

AKSI CRACKER

Dedemit maya Tanah Air menyatakan rasa simpatinya terhadap Manohara Odelia Pinot. Namun namanya juga dedemit maya, aksi dukungan ditunjukkan dengan mengobrak-abrik situs Malaysia. Para cracker ini menamakan dirinya 'Gembel Cyber'. Berdasarkan informasi yang masuk ke redaksi, ada lima situs Malaysia yang telah menjadi korban serangan. Yaitu amssolution.com.my, aspati.com.my, hkl.gov.my, carihouse.com, dan uumtvchannel.com.my.

Pada hari jumat (24/4/2008) pagi, dari kelima situs yang dibombardir ternyata ada satu situs -- hkl.gov.my -- yang mungkin telah sembuh pasca diserang. Sementara keempat situs lainnya, masih luluh lantah tak bisa diakses. Halaman depan situs yang dipermak tersebut di bagian atasnya menampilkan bendera Malaysia yang di tengahnya dibubuhi gambar tengkorak yang seakan baru keluar dari bendera.

Berdasarkan jejak yang ditinggalkan, pelaku mengaku tak rela jika Mano disekap dan dianiaya oleh Tengku Muhammad Fakhry, Pangeran Kerajaan Kelantan Malaysia. "Dedicated To : Manohara Odelia Pinot. Kami Tidak Rela Wanita INDONESIA Disekap Dan Dianiaya Oleh Kalian..!!," tulisnya. Mereka pun mengancam bakal terus menggempur situs-situs Malaysia sampai waktu yang belum ditentukan. 






SUMBER : http://id.akmi-baturaja.ac.id/berita-it/55-aksi-cracker-indonesia.html

GLOSARIUM ISTILAH TIK

Akses :
kegiatan mengambil data dari/ke memori atau ke disk drive.
Antivirus :
program yang dibuat untuk mendeteksi dan menghilangkan virus computer.
BIOS :
bagian system operasi yang secara khusus menangani pemrosesan input dan output�
Boosting :
kegiatan menghidupkan sebuah system computer.
Browsing :
metode untuk menjelajahi berbagai web dalam Internet.
Default :
pilihan perintah yang ditetapkan dalam suatu perangkat lunak (software).
e-mail :
surat elektronik; surat menyurat dengan menggunakan computer melalui suatu jaringan
Error :
adanya suatu penyimpangan dalam perangkat lunak atau kerusakan perangkat keras.
Floppy Disk :
disket kecil untuk menyimpan data.
Hardware :
perangkat keras dalam sistem computer yang dapat dilihat secara fisik.�
Host :
layanan penghubung ke internet.
Instal :
proses memasukan suatu program dalam media penyimpanan sehingga mampu bekerja di bawah sistem operasi yang bersangkutan.
Internet :
jaringan komputer besar yang menghubungkan berbagai macam jaringan komputer di seluruh dunia.�
Kompatibel :
suatu alat akan berfungsi secara maksimal jika memenuhi standard yang disyaratkan.
Linux :
sistem operasi yang bersifat open source dan dapat dijalankan di berbagai komputer.
Modem :
alat yang berfungsi untuk menghubungkan dan menstransmisikan dari satu komputer ke komputer lain melalui Internet.�
Netter :
kumpulan atau organisasi para pengguna Internet.
Numerik :
karakter-karakter yang terdiri dari bilangan atau angka.
Open source :
software yang dikembangkan secara gratis dan bebas dimodifikasi oleh publik
Peripheral :
peralatan pendukung computer dengan spesifikasinya yang dibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secara optimal.
Printer :
alat untuk mencetak data dan gambar dari komputer.
Program aplikasi :
suatu program komputer yang dibuat untuk menyelesaikan masalah-masalah khusus
Program :
serangkaian perintah-perintah yang disusun sedemikian rupa untuk melaksanakan suatu tugas yang akan dikerjakan komputer.�
Server :
komputer yang bertugas mengawasi dan mengendalikan suatu sistem jaringan dan menyimpan informasi dalam jaringan mereka.
Sinyal : tanda, isyarat.
Sistem operasi :
program yang membantu mengatsi permasalahan yang menyertai proses pengaktifan komputer.
Update :
kegiatan memperbaharui atau menambahkan data pada file atau modul program.
Upgrade :
proses meningkatkan kinerja perangkat keras atau sistem komputer pendukung dengan mengganti processor dan beberapa piranti pendukung.
Virus :
virus dalam dunia komputer sebenarnya adalah program yang ditujukan untuk tujuan yang merusak data di komputer
Windows :
sistem operasi komputer buatan Microsft Corp. yang menggunakan mode grafis dan teknik jendela.
 
 
 
 
 
 
SUMBER : http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/viii-glosarium-istilah-tik.html

KOMUNIKASI DATA

komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:

Melalui Infrastruktur Terestrial 
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
Melalui Satelit 
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

(Materi Kelas 9) Perangkat Lunak Presentasi


Mengenal Perangkat Lunak Presentasi
  1. MICROSOFT POWERPOINT
  2. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
  3. OPEN OFFICE IMPRESS
  4. OpenOffice.org Impress dari Sun Microsystem adalah suatu perangkat lunak untuk membuat presentasi-presentasi multimedia efektif. Presentasi-presentasi kita akan tampil dengan seni klip 2D dan 3D, animasi, dan perlengkapan gambar. OpenOffice.org Impress mempunyai suatu cakupan yang lengkap dari gambar perlengkapan pembuatan diagram yang mudah oleh kita. Fasilitas Animation dan Effects menghidupkan presentasi kita. Fontworks menyediakan huruf-huruf yang menarik format 2D dan 3D untuk gambar teks.
  5. PRESENTATION X3
  6. Presentation X3 dari Corel Corporation mempunyai fitur lengkap yang kita perlukan untuk menghasilkan sebuah usulan proyek, laporan-laporan dan demonstrasi-demonstrasi yang interaktif, presentasi-presentasi multimedia dan lain-lain Presentation X3 menyediakan keserasian yang dimiliki oleh dengan Microsoft PowerPoint dan memiliki kemampuan untuk meng-export file presentasi ke format PDF.
  7. STAR OFFICE.ORG IMPRESS
  8. Star Office.Impress dari Sun Microsystem adalah suatu perangkat lunak untuk membuat multimedia efektif presentasi yang tampil dengan seni klip 2D dan 3D, animasi, dan perlengkapan gambar yang lengkap. Perangkat lunak ini diluncurkan untuk menunjukkan animasi dan efek yang lebih menghidupkan sebuah presentasi, dilengkapi dengan berbagai jenis huruf 2D dan 3D, dan gambar-gambar 3D akan terasa lebih hidup. Selain itu, Star Office.Impress sebagai alternatif membuat presentasi karena perangkat lunak ini menggunakan kemampuan untuk membuat Flash.
  9. KPresenter
  10. KPresenter digunakan untuk membuat dan menyajikan presentasi. Dengan sejumlah fasilitas yang ditawarkan, KPresenter sudah dapat disejajarkan dengan Microsoft PowerPoint. Untuk sekedar informasi, developer KDE sendiri selalu menggunakan KPresenter manakala harus memberikan presentasi tentang KDE. Karena memang dirancang untuk menjadi PowerPoint-nya KDE, maka dapat ditemui berbagai kemiripan antara KPresenter dan PowerPoint. Ini dapat menjadi keunggulan, terutama untuk memikat para pemakai PowerPoint yang ingin beralih ke lingkungan Linux. Lagi-lagi dengan KParts, aneka ragam teks, gambar, chart, dan file multimedia, dapat ikut memperkaya materi presentasi yang digarap dengan KPresenter. Salah satu fitur menarik dari KPresenter adalah menghasilkan slideshow dalam format HTML. Begitu sebuah presentasi telah selesai, dalam sekejap dapat dihasilkan versi HTML-nya yang cocok untuk di-upload ke website.

(Materi Kelas 9) Berbagai Jenis Koneksi

Tech tipsComputer Tricks
Banyak jalan ke Roma, demikian juga banyak koneksi yang bisa dilakukan untuk mengakses internet. Koneksi internet itu didasari oleh KECEPATAN. Jadi kecepatan transport data merupakan tolak ukur dari koneksi tersebut. Kita akan bahas dari dasar koneksi yang digunakan jaman dulu hingga sekarang millenium baru :

  • Analog Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan.
    - Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider.  Biaya ditentukan total lama penggunaan [ vario price ],
    - Jaman awal-awal kecepatan dibawah 10kb :( , nmun hingga sekarang kecepatan max 56kb.
    - kecuali leased line [ sambungan kabel khusus dan one to one / tidak terbagi ] kecepatan 64kb – 128kb. namun sudah tidak begitu terkenal.
    - seluruh daerah yang terdapat line telepon dapat menggunakan koneksi ini.
    Pengembangan lanjutannya adalah ISDN [ Integrated services digital network ] kecatan max 128kb.

  • Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh.
    - Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider dan internet bisa di akses 24 jam online [ no limit ] tanpa batas. [ fix rate bulanan ] ditentukan oleh kecepatan yang diambil.
    - kecepatan mulai dari 384kb – 3mb saat ini.
    - Namun hanya daerah yang dilewati kabel tv yang bisa menggunakan koneksi ini.

  • ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern.  Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan.
    - Biaya cukup membayar provider internet, karena dianggap pulsa tidak berjalan, hanya pinjem kabel teleonnya saja. Sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte  yang digunakan, koneksi 24 jam online. [ Fix rate by quantity traffict ],
    - Kecepatan Maximum download speed about 384 Kbps and upload speed about 64 Kbps
    - hanya daerah tertentu juga yang bisa menggunakan koneksi ini.

  • Wave atau Gelombang Radio, sempat berjalan namun memang tidak banyak yang menggunakannya, koneksi jenis ini adalah menggunakan sebuah modem khusus yang ditembak ke sebuah BTS juga kita sebut yang terdekat. karena menggunakan gelombang maka cuaca jelek koneksi jelek.
    - Biaya cukup membayar provider, akan dipinjamkan alat khusus receivernya. [ fix rate bulanan ] unlimited use.
    - kecepatan hingga 512kbs
    - lokasi tertentu yang ada pemancar baru bisa.

  • T1 dan T3 line, T1 merupakan pilihan yang populer untuk disewakan bagi kepentingan bisnis untuk tersambung ke Internet dan untuk ISP tersambung ke backbone Internet. T-1 Lines merupakan koneksi telepon terdedikasi yang mendukung besaran data hingga 1.544 Mbps.
    T3  merupakan jaringan telepon yang didedikasikan untuk mendukung transfer data hingga 43 hingga Mbps.
    - Biaya pasti lebih tinggi dan ini digunakan untuk kepentingan bisnis. dan biasanya fix rate bulanan by speed for unlimited use.
    - lokasi bisa dibicarakan dengan provider.

  • Satelite VSAT, Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang cukup cepat namun  termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung [ parabola khusus ] untuk menangkap signal satelit.
    - kecepatan dari 64 hingga 2mb [ berlaku hanya di Indonesia ] international lebih dari 2mb.
    - biaya  fix rate bulanan by speed for unlimited use.
    - lokasi ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.

  • Fiber Optic, Koneksi jenis ini menggunakan sambungan kabel fiber optic [ kabel yang kecepatannya setara dengan kecepatan cahaya ] yang tersambung antara provider dengan perusahaan. Ini biasanya untuk perusahaan besar seperti Banking, Securitas, dll.
    - kecepatannya hingga 1Gb mmm Manteeep booo [ buat main game no lag anymore hehe ]
    - biaya fix rate bulanan ditentukan oleh kecepatan kapasitas / bandwith yang di pilih
    - lokasi ditentukan oleh mereka yang bersangkutan [ maksudnya dibicarakan gitu nanti ditarik kabelnya ]

  • WIFI / Hotspot, Jenis koneksi ini mulai heboh akhir-akhir ini. Dibeberapa kafe, mal berlomba-lomba memberikan fasilitas ini bahkan gratis untuk para pengunjung / langganan mereka. Wi-fi ini bisa terkoneksi apabila kita memiliki modem WIFI, biasanya notebook jadul belum ada :( jangan sedih bisa dibeli kok slot pcmci atau colokan usb. Kalau notebook baru biasanya sudah build in semua, dan handphone smartphone khususnya telah memiliki wifi build in juga. sehingga bisa langsung dapat digunakan.
    - biaya GRATIS – kalo penyedianya kasi gratis. Kalo bayar maka biasanya di hitung oleh jumlah kb yang digunakan, model seperti isi voucher hp. semua ini tergantung kepada ISP / penyedia jasa internet.
    - kecepatan 11mb — 100mb [ semacam lan card  ]
    - lokasi biasanya di mall, cafe, dan tempat yang ada memang kita telah tahu, misalnya kantor, rumah.

  • HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb – 2mb.
    Untuk detail kecepatan internet handphone bisa dilihat di sini.









SUMBER : http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-9-komunikasi-data.html

JARINGAN SERVICE PROVIDER

Perkembangan teknologi internet tidak lepas dari perkembangan dari bermunculannya perusahan-perusahaan internet service provider. Pengertian internet service provider ialah sebuah perusahaan yang memiliki badan usaha dengan fokus usahanya adalah menjual sambungan internet dan beragam hal yang berhubungan dengan teknologi internet.
Selain itu pengertian internet service provider dapat juga disebut internet access provider (IAP) yaitu Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan Internet atau ISP.
 Saat pertama kali kemunculannya Internet Service Provider menyediakan layanan koneksi dengan jaringan telepon. Contohnya adalah yang paling terkenal telkomnet instant dari perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yaitu Telkom. Perkembangan ISP di Indonesia
Perkembangan ISP di Indonesia dapat dilihat dengan bermunculannya ISP dengan menerapkan bukan hanya teknologi jaringan telepon untuk melakukan koneksi internet kepada pelanggannya. Saat ini perkembangannya dapat menggunakan jaringan fiber optic dan wireless (internet tanpa kabel). Paling banyak teknologi jaringan internet menggunakan wireless ada di kota Denpasar bali.

Saat ini teknologi wireless sangat berkembang dengan pesat karena dikatakan teknologi “paling murah”. Selain dapat menghemat budget penggunaan kabel yang mahal harganya dan juga instalasinya. Teknologi wireless juga lebih baik dalam koneksi ke internet dari pelanggan menuju Internet Service Provider.

Tips Memilih Internet Service Provider
Berikut tips memilih internet service provider untuk Anda. Walaupun banyak bermunculan perusahaan ISP di Indonesia, ada baiknya Anda berhati-hati atau paling tidak memilih yang layanannya terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda tentunya. Berikut pertimbangan-pertimbangan memilih ISP yang sesuai dengan kebutuhan berinternet di dunia maya.

1.  Perusahaan ISP Memiliki Pelanggan yang Jumlahnya Besar
Sebelum memutuskan menggunakan ISP dari perusahaan A, B,C atau D ada baiknya Anda melakukan browsing di internet untuk melihat data berapa jumlah pelanggan yang dimiliki masing-masing perusahaan ISP tersebut. Secara logika perusahaan ISP dengan jumlah pelanggan yang besar dan setia maka bisa dibilang memiliki pelayanan dan kualitas yang baik kepada pelanggannya.  

2.  Perhatikan Pelayanannya
Pengertian Internet Service Provider adalah memberikan pelayanan (service) kepada pelanggannya. Kemanakah Anda akan melapor saat internet mati atau ada gangguan. Kemudian bagaimana dengan teknologi yang digunakan apakah sangat kekinian. Ini akan erat kaitannya dengan kualitas koneksi internet yang akan digunakan.

3.  Adakah Sistem Redundancy

Sistem redundancy adalah sistem cadangan untuk melakukan koneksi apabila jaringan koneksi utama mati oleh sebab-sebab khusus. Misalnya ada gempa bumi sehingga kabel fiber optic yang ada terputus. Lalu apa manfaatnya? Agar koneksi internet Anda tetap dapat tersambung apabila koneksi utama ada gangguan atau bahkan sampai putus.

4.  Perhatikan Harga yang Ditawarkan

Persaingan harga dengan banyaknya provider ISP memberikan keuntungan bagi pelanggan. Namun Anda harus selektif memilih harga dengan kecepatan bandwith yang ditawarkan. Jangan sampai harga murah namun sangat lambat koneksinya atau sangat mahal namun tidak sesuai dengan budget. Tentukan pilihan yang terbaik menurut kantong Anda.











http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-9-jaringan-service.html

ROUTER

Kata ini memang masih agak asing di telinga kita, khususnya yang masih awam dengan dunia teknologi. Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien.
Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.). Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan karena ia beroperasi pada lapisan jaringan.
Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Bridge mengetahui tujuan ahir paket data, Router hanya mengetahui di mana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama.
Jika paket data tiba pada router, ia menentukan rute yang terbaik bagi paket dengan mengadakan pengecekan pada tabel router. Ia hanya melihat hanya melihat paket yang dikirimkan kepadanya oleh router sebelumnya.









SUMBER : http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-9-router.html

membuat daftar gambar/tabel secara otomatis pada MS WORD 2007

Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat daftar gambar/daftar tabel secara otomatis.
1. Pilih gambar/tabel dengan mem-blok gambar lalu klik kanan insert caption untuk memberikan judul gambar/tabel.
Insert Caption
2. Pada kotak dialog caption, berikan nama pada gambar/tabel kemudian pilih label yang diinginkan dan posisi dari caption. Kita dapat menambahkan label baru sesuai dengan keinginan kita dengan meng-klik New Label.
kotak dialog Caption
3. Lakukan pemberian caption untuk gambar/tabel lainnya dengan cara yang sama.

4. Untuk membuat daftar gambar/tabel, tempatkan kursor pada halaman yang akan digunakan untuk membuat daftar gambar/tabel, lalu pilih menu References–>Table of Figures.
5. Pada kotak dialog Table of Figures lakukan pengaturan daftar gambar yang akan dibuat (nomor halaman, alinea nomor halaman, hiperlink, dsb.) dan pilih label caption yang akan digunakan (tabel/gamber/label lain)  lalu klik OK.
kotak dialog Table of Figures
Contoh hasil daftar gambar/tabel
6. Jika terjadi perubahan pada halaman, judul gambar/tabel, atau perubahan-perubahan lain, lakukan penyesuaian pada daftar gambar /tabel dengan mem-blok daftar gambar/tabel, lalu klik kanan–>update field dan pilih jenis update yang akan dilakukan (hanya nomor halaman/keseluruhan).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
SUMBER : http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-8-membuat-daftar.html

TOKOH-TOKOH HACKER

1. Kevin Mitnick
Kevin adalah hacker pertama yang wajahnya terpampang dalam poster “FBI Most Wanted”.Kevin juga seorang “Master of Deception” dan telah menulis buku yang berjudul “The Art of Deception”.Buku ini menjelaskan berbagai teknik social engineering untuk mendapatkan akses ke dalam sistem.

2. Linus Torvalds
Seorang hacker sejati, mengembangkan sistem operasi Linux yang merupakan gabungan dari “LINUS MINIX”.Sistem operasi Linux telah menjadi sistem operasi “standar” hacker.Bersama Richard Stallman dengan GNU-nya membangun Linux versi awal dan berkolaborasi dengan programmer, developper dan hacker seluruh dunia untuk mengembangkan kernel Linux.
3. John Draper
Penemu nada tunggal 2600 Herz menggunakan peluit plastik yang merupakan hadiah dari kotak sereal.Merupakan pelopor penggunaan nada 2600 Hz dan dikenal sebagai Phone Phreaker (Phreaker, baca: frieker)Nada 2600 Hz digunakan sebagai alat untuk melakukan pemanggilan telepon gratis.Pada pengembangannya, nada 2600 Hz tidak lagi dibuat dengan peluit plastik, melainkan menggunakan alat yang disebut “Blue Box”.
4. Mark Abene
Sebagai salah seorang “Master of Deception” phiber optik, menginspirasikan ribuan remaja untuk mempelajari sistem internal telepon negara. Phiber optik juga dinobatkan sebagai salah seorang dari 100 orang jenius oleh New York Magazine.
Menggunakan komputer Apple , Timex Sinclair dan Commodore 64.
Komputer pertamanya adalah Radio Shack TRS-80 (trash-80).
5. Robert Morris
Seorang anak dari ilmuwan National Computer Security Center yang merupakan bagian dari National Security Agencies (NSA).
Pertama kali menulis Internet Worm yang begitu momental pada tahun 1988.
Meng-infeksi ribuan komputer yang terhubung dalam jaringan.
6. Richard Stallman
Salah seorang “Old School Hacker”, bekerja pada lab Artificial Intelligence MIT.Merasa terganggu oleh software komersial dan dan hak cipta pribadi.Akhirnya mendirikan GNU (baca: guhNew) yang merupakan singkatan dari GNU NOT UNIX.Menggunakan komputer pertama sekali pada tahun 1969 di IBM New York Scintific Center saat berumur 16 tahun.

7. Kevin Poulsen
Melakukan penipuan digital terhadap stasiun radio KIIS-FM, memastikan bahwa ia adalah penelpon ke 102 dan memenangkan porsche 944 S2.


8. Ian Murphy
Ian Muphy bersama 3 orang rekannya, melakukan hacking ke dalam komputer AT&T dan menggubah seting jam internal-nya.Hal ini mengakibatkan masyarakat pengguna telfon mendapatkan diskon “tengah malam” pada saat sore hari, dan yang telah menunggu hingga tengah malam harus membayar dengan tagihan yang tinggi.
9. Vladimir Levin
Lulusan St. Petersburg Tekhnologichesky University.Menipu komputer CitiBank dan meraup keuntungan 10 juta dollar.Ditangkap Interpol di Heathrow Airport pada tahun 1995
10. Steve Wozniak
Membangun komputer Apple dan menggunakan “blue box” untukkepentingan sendiri.


11. Tsutomu Shimomura
Berhasil menangkap jejak Kevin Mitnick.


12. Dennis Ritchie dan Ken Thomson
Dennis Ritchie adalah seorang penulis bahasa C, bersama Ken Thomson menulis sistem operasi UNIX yang elegan.


13. Eric Steven Raymond
Bapak hacker. Seorang hacktivist dan pelopor opensource movement.Menulis banyak panduan hacking, salah satunya adalah: “How To Become A Hacker” dan “The new hacker’s Dictionary”.
Begitu fenomenal dan dikenal oleh seluruh masyarakat hacking dunia.Menurut Eric, “dunia mempunyai banyak persoalan menarik danmenanti untuk dipecahkan”.
14. Johan Helsingius
Mengoperasikan anonymous remailer paling populer didunia.
 
 
 
 
 
 
 
sumber : http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-9-tokoh-hacker-dunia.html

cara mengaktifkan menu-menu pada MS word 2007

1. Untuk mengaktifkan Menu Home, klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H.
2. Untuk mengaktifkan Menu Insert, klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N.

3. Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P
4. Untuk mengaktifkan Menu References, klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S
5. Untuk mengaktifkan Menu Mailing, klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M
6. Untuk mengaktifkan Menu Review, klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R
7. Untuk mengaktifkan Menu View, klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W
8. Untuk mengaktifkan Menu Design, klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan T
9. Untuk mengaktifkan Menu Layout, klik tab Menu Layout pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L





 


















SUMBER : http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-8-cara-mengaktifkan-menu.html

 

wifi

Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada spektrum 2,4 GHz.

                 Dengan menggunakan WiFi, kita dapat mengakses internet  dengan cepat. WiFi mempunyai kemampuan akses internet hingga 11 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan 3G.
                 Karena menggunakan nirkabel, teknologi WiFi cocok dimanfaatkan pada lokasi atau ruangan yang selalu di ubah-ubah tampilannya.
                Agar komputer kita dapat terhubung ke internet menggunakan WiFi, komputer kita harus dilengkapi dengan WiFi Card atau telah mendukung teknologi WiFi. Kemudian kita berada pada lokasi di mana tersedia sinyal WiFi atau sering disebut dengan hotspot atau titik poin. Saat ini ada banyak tempat-tempat umum yang telah menyediakan akses layanan koneksi internet menggunakan WiFi.
               Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot, antara lain sebagai berikut:
 
  1. Access Point (Titik Akses) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat di komputer. Titik akses memiliki kemampuan untuk melayan pengguna sebanyak 128 orang. Luas daerah yang dapat di jangkauoleh sebuah titik akses mencapai 25-100 meter.
  2. Access Controller (Pengendali Akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi, mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
  3. Internet Link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet Link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps. Kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi
 
               Kelemahan dari akses internet dengan WiFi adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah sejauh 100 m dari titik poin. Dan sampai saat ini, hanya tempat-tempat tertentu saja yang sudah dipasang titik poin. Tempat-tempat tertentu tersebut biasanya adalah kampus, hotel, kafe, bandara, dan tempat-tempat umum lainnya. Saat ini ada banyak mal-mal, kafe-kafe, hotel-hotel yang menyediakan layanan akses internet menggunakan WiFi secara gratis. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengakses internet sambil nongkrong bersama rekan-rekan di kafe-kafe atau di mal-mal.
               Kelemahan lain akses internet melalui WiFi adalah masalah keamanan data.Sekalipuntelah dienkripsi (disandikan), data yang dikirim melalui jaringan data mudah di tembus.
 
 
 
 
 
SUMBER :  http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-9-wi-fi_19.html