Kamis, 15 Desember 2011

wifi

Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada spektrum 2,4 GHz.

                 Dengan menggunakan WiFi, kita dapat mengakses internet  dengan cepat. WiFi mempunyai kemampuan akses internet hingga 11 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan 3G.
                 Karena menggunakan nirkabel, teknologi WiFi cocok dimanfaatkan pada lokasi atau ruangan yang selalu di ubah-ubah tampilannya.
                Agar komputer kita dapat terhubung ke internet menggunakan WiFi, komputer kita harus dilengkapi dengan WiFi Card atau telah mendukung teknologi WiFi. Kemudian kita berada pada lokasi di mana tersedia sinyal WiFi atau sering disebut dengan hotspot atau titik poin. Saat ini ada banyak tempat-tempat umum yang telah menyediakan akses layanan koneksi internet menggunakan WiFi.
               Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot, antara lain sebagai berikut:
 
  1. Access Point (Titik Akses) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat di komputer. Titik akses memiliki kemampuan untuk melayan pengguna sebanyak 128 orang. Luas daerah yang dapat di jangkauoleh sebuah titik akses mencapai 25-100 meter.
  2. Access Controller (Pengendali Akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi, mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
  3. Internet Link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet Link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps. Kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi
 
               Kelemahan dari akses internet dengan WiFi adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah sejauh 100 m dari titik poin. Dan sampai saat ini, hanya tempat-tempat tertentu saja yang sudah dipasang titik poin. Tempat-tempat tertentu tersebut biasanya adalah kampus, hotel, kafe, bandara, dan tempat-tempat umum lainnya. Saat ini ada banyak mal-mal, kafe-kafe, hotel-hotel yang menyediakan layanan akses internet menggunakan WiFi secara gratis. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengakses internet sambil nongkrong bersama rekan-rekan di kafe-kafe atau di mal-mal.
               Kelemahan lain akses internet melalui WiFi adalah masalah keamanan data.Sekalipuntelah dienkripsi (disandikan), data yang dikirim melalui jaringan data mudah di tembus.
 
 
 
 
 
SUMBER :  http://gemamega-9g.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-9-wi-fi_19.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar